Manusia Seutuhnya, Hidup Bahagia

Oleh : Zulkifli

Nim : 081188230 160

Sungguh suatu keberuntungan dan berkah tak ternilai bisa terlahir sebagai manusia, memiliki akal budi, pikiran dan hati, kemampuan dan kekuatan, keinginan dan kepemilikian, kesukaan dan keceriaan, kesenangan dan kebahagiaan, dan lain-lain yang tidak mungkin tersebutkan. Kesemuanya itu adalah anugerah dari Yang Adi Kuasa. Namun ada yang tidak pernah atau tidak merasakan anugerah itu. Oleh karena tidak menyadari bahwa keberadaan diri kita adalah Manusia. justeru yang dirasakan adalah hal-hal yang tidak dianugerahkan. Bertolak belakang dengan anugerah-anugerah karena diri ini tidak pernah mau bersyukur, tidak mau menerima apa yang ada dan mensyukurinya, melakukan usaha-usaha yang berlawanan dengan hukum alam, pergi menjauh dari arah tujuan hidup.

Manusia hidup tentulah memiliki amksud dan tujuan. jika tidak mempunyai tujuan dalam hidup ini, buakankah menjadi percuma ?  Apapun yang ada di alam semesta ini tentu tidak muncul dengan sendirinya, selalu ada sebabnya dan saling berhubungan antara satu dengan lainnya. ketika kita melihat ada sesuatu yang seolah-olah tidak ada fungsinya, untuk apa ia ada ? itu adalah semata-mata keterbatasan kita karena belum mengetahuinya. yakin dan percayalah bahwa apapun itu selalu ada valuenya, tergantung dari sisi dan pengetahua kita menanggapinya.

Kehidupan kita bukan untuk dijalani agar “menjadi” semata, tetapi ada sesuatu yang lebih dari itu, yaitu proses menjalani kehidupan kita untuk “menjadi” itu bagaimana ? Tidak persoalan apa jadinya kita, yang terpenting adalah bagaimana proses kita didalam usaha untuk menjadi apapun. Hasil yang dicapai itu memang penting, mempunyai nilai, akan tetapi bakal lebih bernilai lagi jika prosesnya baik. Dengan kata lain, jika proses menjadi itu dilakukan dengan sebaik-baiknya, penuh dengan nilai-nilai kebaikan, maka akan baiklah hasil akhirnya. menjadi Manusia yang Utuh.

Proses menjalani kehidupan yang baik akan menghasilkan kehidupan yang baik dan bahagia. tidak ada tujuan hidup ini yang bisa melebihi dari  kebahagiaanKehidupan yang Bahagia bisa diraih hanya dalam Kebaikan, Kebaikan ada didalam Cinta dan Kasih Sayang terhadap sesama, lingkungan dan kepada semua makhluk. Nah bagaimana caranya untuk mengundang Cinta bersemi didalam diri kita ?  Tidak ada cara lain hanyalah dengan Kebaikan dan Cinta itu sendiri. Hanya Cinta dan Kasih lah yang bisa mengundang Cinta dan Kebaikan agar mendekati kita. Maka jika yang kita inginkan adalah Kebahagiaan, janganlah mengundang Benci atau iri hati, sebab itu tidak mungkin akan terjadi. sudah Hukumnya Kebaikan yang akan membuahkan Kebaikan jua. Ketidak baikan akan menuai Penderitaan.

Jadilah diri kita sebagai manusia yang sejati, yang senantiasa bermanfaat bagi yang lain. semanfaat-manfaat dari diri kita bagi orang lain akan membuat hidup kita semakin bernilai dan buahnya selalu manis, yakni Kebahagiaan.

Semoga kIta semua berbahagia….

Salam Bahagia..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: