Luas Lingkaran

Mencari Luas Lingkaran


Muhammad Dahrin SM

081188230174

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(R P P)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Menentukan unsure, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi Dasar : Menghitung keliling dan luas lingkaran
Indikator : Menentukan rumus luas lingkaran

I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menentukan rumus luas lingkaran

II. Materi Ajar

LUAS LINGKARAN

Luas lingkaran = luas sector lingkaran    = luas persegi panjang

= panjang  x lebar

= Π r         x r

= Π r2

Luas lingkaran = Π r 2

Jadi :

III. Metode Pembelajaran

Diskusi, Tanya jawab, praktek

IV. Langkah – Langkah Pembelajaran

  1. Pendahuluan ( 10 menit )

Guru memberikan pertanyaan mengenai pelajaran sebelumnya yaitu rumus keliling lingkaran dan bagaimana cara menemukan nilai phi (Π )

  1. Inti  ( 55 menit )
Jenis Kegiatan Alokasi Waktu
–         Siswa membuat gambar 2 buah lingkaran pada kertas karton-         Siswa membagi sudut pusat lingkaran masing-masing 30 0

–         Siswa mewarnai / mengarsir setengah lingkaran dengan warna yang berbeda

–         Siswa menggunting kedua lingkaran tersebut dan menempelkan lingkaran yang pertama di buku tulis

–         Siswa menggunting bagian – bagian lingkaran pada lingkaran kedua dan menyusun gambar bagian lingkaran tersebut sesuai petunjuk guru

–         Siswa mendiskusikan gambar baru yang terbentuk, serta menentukan unsur-unsurnya

–         Siswa mendiskusikan rumus luas lingkaran

5 menit5 menit

5 menit

5 menit

10 menit

10 menit

15 menit

  1. Penutup ( 15 menit )

–         Guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan

–         Siswa membuat kesimpulan

–         Guru memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa

V. Alat, Bahan dan Sumber belajar

a.   Alat :

Penggaris, busur derajat, gunting, lem

b.   Bahan :

Kertas karton, pensil warna

  1. Sumber Belajar :

Agus Sumarno, dkk. Belajar Mudah Matematika untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Nimas Multima, 2005

VI. Penilaian

–         Jenis Penilaian         : Tes Unjuk Kerja

–         Bentuk Penilaian     : Uji Petik Kerja Prosedur dan Produk

–         Teknik Penilaian     : Penilaian proses Belajar

Selanjutnya dalam bentuk ppt  Presentation6-2-3

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: