Pengetahuan Warna

by. ROSITA CAROLINA

PENGETAHUAN WARNA

Standar KompetensiMahasiswa akan dapat memilih dan menempatkan warna hiasan yang tepat pada pakaian dan lenan rumah tangga Kompetensi DasarSetelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan akan mampu :

  • Menjelaskan bermacam-macam warna
  • Memilih kombinasi warna

1.Teori Warna

Warna terdiri dari tiga tingkatan atau kelompok warna, yaitu warna primer atau warna dasar, warna sekunder, dan warna tertier.

a)      Warna Primer

Warna primer atau yang disebut juga warna dasar terdiri dari warna merah  (M)  ,warna kuning (K) ,dan warna biru ( B) .

b)      Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna yang diperoleh dari percampuran dua warna primer. Percampuran warna kuning dengan biru menghasilkan warna hijau (H). Percampuran warna merah dan kuning menghasilkan warna jingga (J). Percampuran warna merah dengan biru menghasilkan warna ungu (U).

c)      Warna Tertier

Warna tertier adalah percampuran dua warna yaitu satu warna primer dengan satu warna sekunder. Warna –warna tersebut adalah kuning kehijauan (K-H), biru kehijauan (B-H), biru keunguan (B-U), merah keunguan (M-U), merah kejinggaan (M-J), dan kuning kejinggaan.(K-J)

2. Kombinasi Warna

Untuk menghasilkan suatu karya yang indah, warna-warna tersebut dapat dipadukan agar dihasilkan suatu kombinasi warna yang harmoni. Standar warna harmoni dapat menolong seseorang untuk mengkombinasikan warna agar berhasil dengan baik. Standar warna harmoni ini didasarkan pada : harmoni dari warna-warna yang bersesuaian dan harmoni dari warna-warna yang kontras.

    1. Harmoni dari Warna-warna yang Bersesuaian

Ada dua macam warna harmoni yang bersesuaian  yaitu :harmoni satu warna dan harmoni analog.

1). Harmoni Satu Warna (Monokromatis)

Kombinasi ini menggunakan satu warna atau senada, dimulai dari      warna yang tua ke warna muda atau sebaliknya dari warna muda ke warna tua. Pada pakaian misalnya rok biru tua dikombinasikan dengan blus biru muda.

2). Harmoni Analog (Analogus)

Kombinasi analog adalah kombinasi warna yang   menggunakan    warna-warna yang letaknya berdekatan dengan lingkaran warna. Misalnya kuning, kuning- hijau, dan hijau. Kombinasi analog ini sifatnya lebih tenang dan lebih variasi daripada kombinasi satu warna.

    1. Harmoni dari Warna-warna yang Kontras.

Kombinasi harmoni warna-warna kontras adalah kombinasi warna yang letaknya bertentangan pada lingkaran warna. Ada tiga macam harmoni dari warna-warna yang kontras yaitu kombinasi kontras dua warna, kombinasi warna segi tiga,dan kontras berpasangan.

1)      Kombinasi Warna Kontras Dua Warna.

Kombinasi kontras atau komplemen adalah kombinasi warna yang menggunakan warna-warna yang letaknya bertentangan dalam lingkaran warna.

2)      Kombinasi Warna Segi Tiga (Kontras Segi Tiga)

Kombinasi segi tiga adalah kombinasi warna yang menggunakan tiga warna yang sama jaraknya dalam lingkaran warna, sehingga apabila ketiga warna tersebut dihubungkan akan terbentuk segi tiga sama sisi.

3)      Kombinasi Berpasangan.

Kombinasi kontras berpasangan adalah kombinasi yang menggunakan dua pasang warna kontras yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan klik di bawah ini..

PENGETAHUAN WARNA

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: